RESERVATION
Pemesanan dalam bahasa Inggris adalah Reservation yang berasal dari
kata “to reserve” yaitu menyediakan atau mempersiapkan tempat
sebelumnya. Sedangkan reservation yaitu pemesanan suatu tempat
fasilitas.
Jadi secara umum reservation yaitu pemesanan
fasilitas yang diantaranya akomodasi, meal, seat pada pertunjukan,
pesawat terbang, kereta api, bus, hiburan, night club, discoutegue dan
sebagainya ( Suartana, 1987 : 14 ) Kata reservation atau pemesanan dalam
dunia pariwisata disebut juga booking.
Sumber reservasi
Sumber
reservasi adalah seseorang atau pihak-pihak yang menjadi sumber
datangnya reservasi. Sember-sumber tersebut sebagian besar sudah
memiliki jalinan kerjaama yang dituangkan dalam kontrak kerjasama.
Sumber-sumber reservasi bagi hotel meliputi:
Perorangan: setiap orang yang mengadakan reservasi merupakan sumber
reservasi, baik reservasi untuk perorangan maupun untuk group
Perusahaan penerbangan: perusahaan penerbangan sering melakukan
pemesanan kamar untuk:- penumpangnya apabila terjadi penundaan
keberangkatan pesawat sehingga para penumpang harus menginap. Dalam hal
ini perusahaan penerbangan akan menanggung semua biaya akomodasi untuk
penumpangnya.- Para awak pesawat yang singgah di suatu kota yang terdiri
dari kapten pilot, co-pilot, pramugari, teknisi, dll. Biasanya untuk
awak kapal pesanan sudah terjadwal sehingga hotel dapat mempersiapkan
sebelumnya.
Biro perjalanan: biro perjalanan merupakan sumber
pemesanan kamar yang sangat potensian bagi hotel. Dalam kegiatannya biro
perjalanan menjual paket wisata yang didalammya termasuk akomudasi.
Pemesanan kamar dilakukan biro perjalanan apabila:
-
Tamu membeli paket wisata yang mana didalamnya sudah termasuk
akomodasi, dalam hal ini biro perjalanan akan mendapat keuntungan dari
harga kamar khusus.
- Tamu minta agar biro perjalanan
memesah kamar saja tanpa membeli paket wisata. Dalam hal ini kalau biro
perjalanan tidak mempunyai kontrak rate dengan hotel maka biro
perjalanan tersebut akan mendapatkan komisi untuk jasa tersebut. Besar
komisi tergantung dari kesepakatan, ada 10% hingga 15%. Tetapi kalau
biro perjalan sudah mempunyai kontrak rate maka biro perjalanan akan
mendapat keuntungan sebesar selisih antara harga yang dijual kepada tamu
dengan harga yang terdapat dalam kontrak rate.
Company/Corporate: Biasanya perusahaan-perusahaan menugaskan karyawannya
ke luar kota maupun keluar negeri untuk kepentingan perusahaan itu
sendiri. Untuk keperluan akomodasi perusahaan akan memesan kamar hotel
di tempat tujuan dan disamping itu juga perusahaan kadang kala memesan
kamar untuk para tamunya.
Pemerintah ( Government ):
Pemerintah memesan kamar untuk para pejabat maupun tamu negara yang
datang dari manca negara yang sedang melakukan kunjungan/perjalanan,
bila dipandang perlu untuk menginap maka pembayarannya ditanggung oleh
pemerintah.
Perwakilan Hotel di Bandara ( Airport
Representatives ): Hotel seringkali menugaskan seseorang untuk menjemput
tamu yang akan datang ke hotel. Selain menjemput tamu yang sudah
mempunyai reservation juga menawarkan kepada tamu yang belum mempunyai
pesanan kamar agar mau menginap di suatu hotel.
Perusahaan
Penyewaan Mobil ( Car Rental ): Biasanya para tamu menyewa mobil untuk
perjalanannya, tidak jarang dari mereka menyewa mobil dan langsung minta
tolong dipesankan kamar, Kemudin car rental tersebut membuat pesanan ke
hotel yang menjadi langgananya. Biasanya car rental juga mempunyai
suatu perjanjian kerjasama dengan pihak hotel.
Media Reservasi
Media reservasi adalah: alat, metode, atau cara yang digunakan untuk
memproses reservasi. Adapun media-media reservasi antara lain:
1. Telepon: telepon merupakan media komunikasi yang epektif, cepat, dan praktis.
2.
Surat: Dulu sumber reservasi ini sering digunakan, namun di jaman
sekarang sepertinya penggunaan surat untuk reservasi sudah sangat jarang
digunakan, karena dengan surat akan memakan waktu sangat lama. Untuk
sampai ke hotel saja bisa memakan waktu berhari-hari, apalagi menunggu
jawaban ( konfirmasi ) dari hotel apakah reservasi bisa diterima atau
tidak.
3. Facsimile: Sumber reservasi ini sudah sedikit
lebih maju dibandingkan telepon, membuat reservasi dengan faximile kita
mempunyai bukti tertulis mengenai reservasi, terutama yang terpenting
adalah konfirmasi dari hotel. Konfirmasi tersebut dapat dijadikan bukti
bahwa pesanan kamar sudah diterima, dan harus dibawa saat check in di
hotel.
4. E-mail ( Electronic mail melalui jaringan internet
): media reservasi ini merupakan sumber media yang sedang ngetop, karena
biayanya lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya, dan sangat
cepat.
5. Personal: tamu langsung datang ke hotel untuk
membuat reservasi, hal ini mungkin terjadi karena mereka tinggal di
hotel yang berdekatan dengan hotel kita dan untuk lain waktu ingin
tinggal di hotel kita atau dia ingin membuatkan reservasi untuk teman
atau keluarganya yang lain. Jadi tamu tersebut bertatap muka langsung
dengan petugas. Tamu tersebut bahkan bisa langsung melihat fasilitas
yang kita punya bahkan kamar yang akan mereka pilih dapat dilihat saat
membuat reservasi. Terhadap reservation yang dilakukan secara langsung
kita harus mempertahankan kamar tersebut hanya untuk tamu tersebut, kita
tidak mungkin bisa menukar dengan kamar lain walaupun tipenya sama.
Jenis-Jenis Reservation:
New Reservation: Reservation yang baru pertama kali dibuat.
Amended Reservation: reservation yang telah diperbaharui atau dirubah.
Perubahan yang bisa terjadi adalah perubahan tanggal kedatangan, tanggal
keberangkatan, jenis kamar maupun jumlah orang yang menginap.
Cancelled reservation: reservation yang dibatalkan, pembatalan
reservation bisa terjadi karena adanya perubahan jadwal kunjungan,
karena kondisi keamanan yang tidak mendukung, dll
Confirm reservation: reservation yang sudah pasti/sudah dikonfirmasi.
Individual reservation: reservation untuk tamu perorangan.
Group reservation: reservation untuk tamu rombongan.
Confrence reservation: reservation dari tamu dengan tujuan utama mengadakan konfrensi/seminar
Guaranted reservation: reservation yang sudah dijamin/digaransi dengan:
- Pre-payment: pembayaran kamar penuh dimuka.
- Advance deposit, membayar sebagian harga kamar sebagai uang muka.
- Voucher: surat jaminan dari travel agent
- Guarantee letter: surat jaminan dari perusahaan/pemerintah
- Credit card: kartu credit dengan menyebutkan nomornya.
No-guaranteed reservation: reservasi yang tidak digaransi/dijamin.
Biasanya reservation seperti ini akan dipertahankan sampai jam 6 sore,
setelah itu kalau tamu tidak datang maka kamar akan dijual kepada tamu
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar